Susunan Straight Throught Cable

Susunan Straight Throught Cable

Berlatih jaringan wajib diawali dari bawah, salah satunya merupakan mengenali mengenai tipe kabel jaringan. Susunan Straight Throught Cable.

Dalam jaringan, salah satu kabel yang jadi kesukaan buat dalam jaringan merupakan Twisted pair bentuk UTP( Unshielded Twisted Pair). Susunan Straight Throught Cable.

Apa itu kabel UTP?

Kabel UTP ialah kabel yang dipakai buat mengaitkan bermacam fitur keras jaringan pada pc.

Tidak hanya itu kabel UTP pula lazim dipakai dalam membuat jaringan LAN, ini diseleksi sebab kabel UTP mempunyai harga yang ekonomis dengan keahlian memindahkan informasi sampai 100 Mbps.

Bila Kamu sempat membuka kabel UTP, Kamu hendak menemui 8 kabel dengan warna yang berbeda- beda. Urutannya warna pada kabel UTP semacam selanjutnya:

Putih orange

Orange

Putih biru

Biru

Putih hijau

Hijau

Putih coklat

Coklat

Nah buat dapat memakai kabel UTP ini Kamu sedang butuh mensetting akhir kabel dengan meningkatkan konektor RJ- 45.

Sebab konektor yang terdapat pada perangkat keras jaringan serta pc umumnya memakai konektor RJ- 45, hening saja triknya gampang yang terutama Kamu mempunyai tang crimping saja.

Dalam pemasangan kabel UTP ada 2 tipe pemasangan kabel yang kerap dipakai dalam jaringan internet, ialah Straight Through Cable serta Cross Berlebihan Cable.

Lagi Trending :  Beberapa Cara Mematikan Windows Update

Keduanya mempunyai antrean pemasangan warna kabel yang berlainan, supaya tidak salah antrean selanjutnya Kita jelaskan hal lapisan warna kabel straight serta cross dalam jaringan.

Apa Itu Kabel Straight

Kabel straight ialah tipe kabel yang mempunyai metode pemasangan yang serupa antara akhir satu dengan akhir yang lain.

Guna kabel straight ini umumnya dipakai buat pemasangan device yang berlainan. Kabel jenis straight ini sangat banyak dipakai hingga dikala ini sebab gunanya.

Bila dimaksud straight berarti lurus.

Ilustrasi pemakaian kabel straight

Mengaitkan pc dengan switch jaringan

Mengaitkan pc dengan hub jaringan

Mengaitkan pc dengan router jaringan

Mengaitkan pc dengan LAN

Mengaitkan switch dengan hub jaringan

Mengaitkan switch dengan router jaringan

Lapisan Warna Kabel Straight

Buat lapisan warna kabel straight akhir satu dengan akhir yang lain serupa. Nah urutannya semacam selanjutnya:

Putih Orange

Orange

Putih Hijau

Biru

Putih Biru

Hijau

Putih Coklat

Coklat

Supaya Kamu gampang mengenang lapisan warna kabel straight, Kita mempunyai metode yang gampang dengan memakai perkataan“ Memiliki Bawaan Pak Haji Untuk Para Ayah Haji Pe- Cinta Cinderamata”.

Silahkan ingat- ingat tutur depannya yang memakai graf besar.

Memiliki Oleh- Oleh

= Kabel 1 Putih Orange, kabel 2 Orange

Pak Haji= kabel 3 Putih Hijau

Untuk Para Ayah Haji= kabel 4 Biru, kabel 5 Putih Biru, kabel 6 Hijau

Pe- Cinta Cinderamata= kabel 7 Putih Coklat, kabel 8 Coklat

Gimana gampang bukan mengenang lapisan kabel straight?

Lagi Trending :  Mengetahui Kode Mmi Tidak Valid

Apa Itu Kabel Cross

Kabel cross ialah kabel dengan lapisan warna yang berlainan tiap ujungnya. Guna kabel cross ini dipakai buat mengaitkan device yang serupa.

Ini ialah kebalikan dari kabel straight.

Kabel cross ini lebih sedikit penggunaannya bila dibanding dengan straight, namun Kamu butuh ketahui pula buat antrean warna kabel cross.

Ilustrasi pemakaian kabel cross

Mengaitkan pc dengan komputer

Mengaitkan switch dengan switch

Mengaitkan hub dengan hub

Mengaitkan router dengan router

Lapisan Warna Kabel Cross

Kabel cross mempunyai warna yang berlainan pada tiap ujungnya. Buat itu Kamu dapat mencermati antrean warna pada kabel cross selanjutnya ini:

Warna kabel cross akhir 1

Putih orange

Orange

Putih hijau

Biru

Putih biru

Hijau

Putih coklat

coklat

Warna kabel cross akhir 2

putih hijau

hijau

putih orange

biru

putih biru

orange

putih coklat

coklat

Panduan dari Kita metode termudah mengenang antrean kabel cross atau silang merupakan dengan mengubah antrean kabel straight no 1 serta 3 jadi 2 serta 6.

Kabel cross akhir satunya antrean rupanya serupa dengan kabel straight, yang berlainan cuma pada akhir satunya.

Gimana gampang bukan mengenang lapisan kabel cross dalam jaringan?

Perbandingan Kabel Straight serta Cross

Sangat gampang melainkan antara kabel straight serta crossover merupakan antrean rupanya, buat kaber cross terdapat sebagian antrean warna dari kabel straight yang dibalik.

Tidak hanya itu perbedaanya kabel straight dipakai buat device yang berlainan, sebaliknya kabel straight dipakai buat device yang berlainan.

Jadi telah ketahui kan perbedan pokok antara kabel straight serta crossover?

Lagi Trending :  Mantap Download Wallpaper iphone 13 Terbaru Lengkap

Panduan Crimping Kabel

Saat sebelum memberhentikan ulasan hal lapisan kabel cross serta straight, Kita membagikan panduan melaksanakan crimping kabel yang betul.

Antrean warna telah betul namun dikala melaksanakan cara crimping kabel salah hingga kabel tidak dapat dipakai. Silahkan ikuti pembahasannya selanjutnya ini:

Sediakan perlengkapan crimping

Terdapat sebagian perlengkapan yang dibutuhkan dikala melaksanakan crimping kabel antara lain kabel UTP cocok dengan kebutuhan, konektor RJ45 seperlunya, tang crimping buat membuka kabel LAN serta terakhir lan uji coba.

Potong isolator kabel UTP

Berikutnya jalani penyembelihan pada isolator kabel UTP bagian luar, potong kurang lebih 3- 4 centimeter. Setelah itu pisahkan antara satu kabel dengan kabel yang lain sekaligus diluruskan.

Bila telah urutkan cocok dengan kebutuhan apakah ingin membuat kabel straight ataupun cross, kemudian silahkan potong dengan cara lurus seluruh kabel itu supaya esoknya dikala pemasangan pada soket RJ45 tidak terdapat permasalahan.

Pasang kabel UTP

Tahap berikutnya merupakan memasukan pada konektor RJ45.

Yakinkan pemasangannya janganlah hingga menjempalit, metode mengidentifikasinya buat kunci konektor RJ45 terletak di dasar setelah itu masukan serta yakinkan seluruhnya telah lurus.

Kunci RJ45

Berikutnya Kamu bermukim mengancing konektor RJ45 dengan memakai tang crimping, yakinkan sampai terdengar suara klik pada konektor RJ45.

Pengetesan

Tahap terakhir merupakan melaksanakan pengetesan dengan memakai LAN uji coba apakah telah betul ataupun belum. Bila seluruh lampu pada LAN uji coba menyala berarti Kamu sukses membuat pengkabelan jaringan.