Beberapa Cara Merubah Gpt Ke Mbr

Beberapa Cara Merubah Gpt Ke Mbr

Metode Mengubah MBR ke GPT– Dalam sebagian tahun terakhir beberapa besar standart BIOS digantikan dengan UEFI. Beberapa Cara Merubah Gpt Ke Mbr. Dengan sedemikian itu, banyak konsumen mengganti style partisi disk mereka dari MBR ke GPT. Pasti saja, standar yang lebih terkini muncul dengan serangkaian kelebihan dibanding teknologi yang lebih lama, tercantum kecekatan boot yang lebih kilat, kompatibilitas OS yang lebih bagus( GPT mensupport beberapa besar sistem pembedahan, tercantum Windows Server serta macOS), proteksi informasi mutahir serta banyak lagi.

Tetapi, bisa jadi Kamu hendak hadapi hambatan dikala melaksanakan instalasi balik Windows. Beberapa Cara Merubah Gpt Ke Mbr. Persisnya kala menata partisi. Catatan error selaku selanjutnya:

Catatan itu berkata bahawa Windows tidak dapat diinstall sebab posisi tipe disk Kamu saat ini MBR. Windows cuma bisa diinstall di tipe disk GPT.

Oleh sebab itu, Kamu wajib mengganti terlebih dulu tipe disk dari MBR jadi GPT.

Metode Convert MBR ke GPT

Walaupun Windows memanglah menawarkan pemecahan asli buat berpindah antara MBR serta GPT, Kamu wajib menghilangkan seluruh informasi dari disk buat bisa memakainya. Untungnya, kita mempunyai metode buat melaksanakan ini tanpa kehabisan informasi, serta di postingan ini kita hendak membuktikan pada Kamu triknya.

Jadi tanpa etika lagi, ayo kita amati metode mengubah MBR ke GPT di Windows 10. Namun saat sebelum itu, Kamu wajib ketahui apa itu MBR serta apa itu GPT, serta mana yang lebih bagus dipakai di pc Kamu.

Apa itu GPT serta MBR?

MBR( Ahli Boot Record) serta GPT( GUID Partition Table) merupakan 2 style partisi yang berlainan buat hard disk, serta keduanya banyak dipakai buat manajemen partisi disk di pc Windows. GPT merupakan teknologi yang relatif terkini serta lambat- laun mengambil alih yang lama sebab lebih kilat, lebih nyaman serta bisa dengan cara asli menanggulangi disk penyimpanan yang lebih besar. Sedangkan disk MBR memakai bagan partisi BIOS standar, disk GPT memakai UEFI.

Lagi Trending :  Beberapa Cara Bongkar APK Paling Mudah dengan Advanced Apk Tool

Beda GPT serta MBR

Salah satu keunggulan penting disk GPT merupakan Kamu bisa mempunyai lebih dari 4 partisi pada tiap disk. Ini pula ialah prasyarat buat disk besar sebab sedangkan MBR mensupport disk cuma sampai 2 terabyte( 2TB) dalam kapasitas, sebaliknya GPT bisa menanggulangi maksimal sampai 18EB( Exabyte).

Serta lagi, pada disk MBR, Kamu cuma diizinkan buat membuat cuma sampai 4 partisi penting, sedangkan pada disk GPT, Kamu bisa membuat sampai 128 partisi penting.

Perihal lain yang keunggulan GPT merupakan menaruh sebagian kopian informasi di semua disk, menjadikannya pemecahan yang lebih bagus dalam perihal penahanan informasi. Selaku analogi, disk MBR menaruh informasi partisi serta boot di satu tempat, alhasil lebih rentan ditimpa ataupun cacat.

Satu perihal yang butuh dicermati, kalau disk GPT tidak mensupport firmware BIOS, jadi Kamu wajib mengonversi style partisi dari GPT to MBR saat sebelum Kamu bisa memakainya selaku disk sistem di Komputer yang lebih lama( jadul).

Metode Mengganti MBR ke GPT ataupun Sebaliknya

Saat sebelum Kamu mengonversi disk boot di Komputer dari MBR ke GPT, yakinkan motherboard Kamu mensupport UEFI. Itu sebab motherboard dengan legacy BIOS tidak mensupport partisi GPT selaku boot drive.

Nilai berarti yang lain yang butuh dicermati merupakan kalau walaupun terdapat sebagian faedah free serta berbayar yang menolong Kamu mengonversi dari MBR ke GPT, beberapa besar tata cara free hendak menyebabkan kehabisan informasi.

Tetapi, terdapat 2 metode buat mengubahh MBR ke GPT dengan cara free tanpa kehabisan informasi, serta selanjutnya triknya.

Metode 1: Mengganti MBR ke GPT Memakai Disk Management( Kehabisan Informasi)

Cari“ This Komputer” di bilah pencarian Windows. Saat ini klik kanan pada hasilnya serta seleksi Manage.

Saat ini klik Disk Management buat memuat seluruh disk yang ada.

Klik kanan pada partisi disk yang mau di ganti ke GPT serta seleksi Delete Daya muat buat mensterilkan disk. Cara ini hendak memformat informasi partisi.

Terakhir, klik kanan pada disk sasaran serta seleksi Convert to GPT Disk. Konfirmasikan bila dimohon.

Metode 2: Mengganti MBR ke GPT Memakai DiskPart( Kehabisan Informasi)

Buka Command Prompt selaku Admin.( Cari“ cmd” di bilah pencarian Windows serta di dasar alternatif Command Prompt, seleksi Run as Administrator).

Di jendela Command Prompt, ketik“ diskpart”( tanpa ciri cukil) serta tekan Enter. Selanjutnya, ketik list disk serta tekan Enter.

Dari disk yang tertera oleh faedah, seleksi disk yang mau Kamu alterasi memakai perintah select disk X, di mana‘ X‘ merupakan no yang diresmikan ke disk yang mau Kamu ganti.

Saat ini lenyap seluruh informasi dari disk yang Kamu seleksi dengan melaksanakan perintah clean. Kamu hendak memperoleh catatan yang berkata“ DiskPart succeeded in cleaning the disk”.

Lagi Trending :  Lihat Tutorial Membuat Webview di Flutter - Tutorial Flutter Indonesia

Terakhir, ketik convert GPT serta tekan Enter. Menunggu sebagian detik supaya perintah dijalani. Kamu hendak sukses mengonversi disk dari MBR ke GPT.

Metode 3: Mengganti MBR ke GPT Memakai Gptgen Tanpa Kehabisan Data

Awal, download serta instal faedah yang bernama gptgen( Free) di mari.

Saat ini buka Command Prompt dalam bentuk Admin serta ketik tujuan berkas instalasi gptgen Kamu memakai sintaks yang nampak di dasar ini. Dalam permasalahan ini, tujuan berkas instalasi gptgen merupakan“ C: Users<username
DesktopStuffFilegptgen- 1. 1“, jadi Kamu hendak hendak mengetik di“ cd c: Users<username
DesktopStuffFilegptgen- 1. 1”( tanpa ciri cukil) buat masuk ke direktori dimana gptgen terinstal.

Kemudian jalankan perintah list disk semacam yang dipaparkan di metode kedua di atas. Buat mengonversi bagan partisi disk sasaran Kamu dari MBR ke GPT, ketik perintah:“ gptgen. exe- w\.\physicaldriveX“( tanpa ciri cukil) serta tekan Enter.( Cermati kalau‘ X‘ membuktikan disk yang mau Kamu ganti).

Sehabis perintah dijalani, Kamu hendak sukses mengganti MBR ke GPT tanpa kehabisan informasi. Kamu bisa jadi memperoleh peringatan yang berkata kalau tidak terdapat agunan alterasi yang sukses, namun seleksi saja alternatif buat meneruskan cara alterasi.

Metode Mengganti MBR ke GPT Tanpa Kehabisan Informasi( Pengganti)

Bila cara di atas nampak sangat kompleks, Kamu bisa memakai metode lain yang lebih ramah konsumen buat mengonversi disk Kamu dari MBR ke GPT. Seluruh fitur lunak partisi disk penting, tercantum Easus Partion Ahli, AOMEI Partition Assistant, MiniTool Partition Wizard serta yang lain, menawarkan Kamu keahlian buat mengkonversi MBR ke GPT tanpa kehabisan informasi, namun tidak dengan tipe free. Jadi, bila Kamu mau melunasi, bisa jadi aplikasi- aplikasi itu merupakan pemecahan termudah buat mengganti MBR ke GPT tanpa kehabisan informasi.

Pertanyaan- Pertanyaan yang Kerap Diajukan Sekeliling Poin Ini

1. Gimana Metode Mengubah MBR ke GPT Memakai Rufus?

Rufus merupakan fitur lunak yang menolong memformat serta membuat USB flash drive yang bisa di- boot, semacam USB atau pen- drive, stik ingatan, dan lain- lain. Kamu pula bisa memakainya buat memutuskan tipe partisi sepanjang cara pengaturan.

2. Gimana Metode Boot Ke Bentuk UEFI?

Sehabis Windows diinstal, fitur otomatis memakai bentuk yang serupa dengan yang diinstal. Microsoft menganjurkan konsumen buat menginstal Windows 10 memakai bentuk UEFI melainkan Kamu mem- boot dari jaringan yang cuma mensupport BIOS. Dalam perihal ini, Kamu wajib boot ke bentuk BIOS lama.

3. Apakah NTFS itu MBR ataupun GPT?

Menyamakan NTFS serta GPT bukanlah serupa, mereka beda tipe serta gunanya. GPT merupakan aturan posisi bagan partisi, sebaliknya NTFS merupakan sistem file. Sedangkan yang awal mendeskripsikan style partisi pada hard drive, yang terakhir merupakan pemformatan alhasil OS bisa diinstal. Ilustrasi yang awal tercantum GPT serta MBR, sedangkan yang terakhir tercantum NTFS, FAT32, EXT4 dan lain- lain. UEFI, serta dengan perpanjangan GPT, cocok dengan partisi NFTS.

Lagi Trending :  Pengertian Aplikasi Virtual Machine

4. Apakah GPT ataupun MBR Lebih Bagus?

Semacam yang sudah kita bahas, GPT merupakan standar yang lebih terkini yang tiba dengan serangkaian kelebihan atas teknologi yang lebih lama, tercantum kecekatan boot yang lebih kilat, kompatibilitas OS yang lebih bagus, proteksi informasi mutahir, serta banyak lagi. Tetapi, itu cuma ada dengan UEFI, jadi Kamu sedang wajib memakai MBR dalam sistem yang lebih lama.

5. Bisakah Windows 10 Menginstal pada Partisi MBR?

Betul, itu dapat. Tetapi, MBR muncul dengan sebagian kekurangan menempel yang butuh Kamu ingat saat sebelum menginstal Windows 10 pada disk MBR. Kita sudah mengulasnya dengan cara rinci tadinya dalam postingan ini.

6. Akankah Mengubah Partisi ke GPT Hendak Menghilangkan Informasi?

Terdapat metode lossy serta lossless buat berpindah antara 2 sistem file, serta kita sudah mangulas keduanya dalam bimbingan ini.

7. Gimana Metode Mengganti C: Drive ke GPT?

Buat mengonversi boot drive pc Kamu dikala ini dari MBR ke GPT, Kamu wajib memakai salah satu tata cara lossless. Kamu bisa memakai faedah pihak ketiga semacam GTPGEN ataupun tipe berbayar program menguntungkan semacam, Easus Partion Ahli.

8. Gimana Metode Mengenali Apakah Partisi Disk merupakan GPT ataupun MBR?

Buat mengecek bagan partisi mana yang dipakai disk Kamu, Disk Management semacam yang dipaparkan dalam bimbingan. Saat ini temui disk yang mau Kamu cek, klik kanan padanya serta seleksi‘ Properties’. Berikutnya, seleksi tab‘ Daya muat’ serta Kamu hendak memandang‘ Ahli Boot Record( MBR)’ ataupun‘ GUID Partition Table( GPT)’.

9. Apakah Laptop Aku Mensupport GPT?

Semacam dituturkan tadinya, apakah fitur Kamu mensupport GPT ataupun MBR terkait pada apakah fitur itu melaksanakan UEFI ataupun BIOS lama. Buat mengecek tipe firmware motherboard yang dipakai Komputer Kamu, simak instruksi dalam postingan mendetail kita mengenai perihal ini.

10. Gimana Metode Membuat SSD ke GPT?

Kamu bisa menjajaki tata cara yang dipaparkan dalam bimbingan di atas buat mengonversi aturan posisi partisi SSD Kamu ke GPT. Mereka bertugas buat SSD serta hard drive mekanis.

11. Dapatkah Kamu memakai GPT tanpa UEFI?

Tidak dapat. GPT dipublikasikan selaku bagian dari inisiatif UEFI. Jadi buat memakainya, motherboard wajib mensupport UEFI. Bila motherboard Kamu tidak mensupport UEFI, Kamu tidak bisa memakai tipe partisi GPT pada hard disk.

12. Gimana Metode Mengganti Partisi GPT?

Kamu bisa mengonversi partisi GPT ke MBR dengan metode yang serupa semacam Kamu mengonversi MBR ke GPT. Kamu bisa mengganti style partisi sepanjang disk kosong serta tidak bermuatan daya muat. Saat sebelum alterasi, cadangkan seluruh informasi di atasnya serta tutup program apa juga yang mengakses disk.